Minggu, 03 April 2016

wah, ini dia artikel yang ditunggu tunggu, kalau sudah punya
penghasilan dalam bisnis, mulailah kelola uang Anda dengan benar. Jangan sampai uang habis tak bersisa dengan hasil sia sia.



"Mencari Uang itu sulit, Mengelola uang lebihsulit"



saat berbelanja, orang cenderung menggunakan EMOSI dibanding LOGIKA. Akhirnya, orang cenderung menghabiskan uang yang dimiliki. Berikut contoh kalau belanja itu sifatnya EMOSIONAL. saat didompet Anda hanya ada uang 15 ribu, maka saat makan Anda hanya cenderung memilih warteg sebagai tempat makan Anda.
Lain halnya jika ada uang 1 juta didompet Anda. Kemungkinan besar Anda lebih memilih makan di restoran dan celakanya waktu di restoran Anda juga milihnya nggak karuan, bisa-bisa keluar hingga ratusan ribu hanya untuk makan. Pernah mengalami?
Itu baru masalah makan, belum saat Anda belanja fashion, gadget atau jalan-jalan, bikin tabungan Anda makin bocor, dah. Susah payah dapatkan uang dari bisnis, eh, habis sia-sia. Kalaupun habis, habiskan di jalan yang benar. Siap habiskan penghasilan Anda?
Dulu ketika lagi Jatoooooh banget, nyungsep lalu tertimpa tangga, pernah sisa uang ditabungan Bang Motty tinggal 300ribu rupiah saja. Bukan udah pengen nangis lagi, udah nangis beneran. Saat itu, nemu uang nyelip 20 ribu aja udah seneng banget, lumayan buat makan sama ongkos jalan. Semua dipirit-dipirit.
 

Kalo sekarang Alhamdulillah masih tetep bermasalah sih ^_^ tapi masalahnya "enak". soalnya saldo tabungan minimal 9 digit ^_^, permasalahannya sekarang adalah: gimana supaya bisa nahan diri untuk beli ini itu yang kadang malah ngga bermanfaat. Di posisi apapun kita, tetep harus bijaksana menghabiskan uang yah ^_^
nah, berikut urutan dalam menghabiskan penghasilan. Lakukan diawal bulan, bukan diakhir bulan. INGAT! Awal bulan saat kita menerima penghasilan..
1. 10% untuk Zakat dan Sedekah
inilah perintah Tuhan yang seringkali dilupakan banyak orang: Zakat dan Sedekah. Zakat ada untuk membersihkan harta sedangkan sedekah ada untuk melipatgandakan harta.
2. 30% untuk Cicilan Hutang
Suka beli barang secara kredit? Siap-siap awal bulan banyak tagihan hutang. Bayar hutang itu hukumnya wajib. BAHAYA kalau nggak dibayar. Sudah di dunia ditagih mulu sama Debt Collector, pas di akhirat bisa bisa nggak masuk surga gara-gara masih punya hutang saat meninggal, Bayar woii... BAYAR!
oh ya, batas maksimal hutang Anda adalah 30% dari penghasilan bulanan Anda, Misal penghasilan Anda 10Juta/bulan, maka maksimal cicilan hutang adalah 3Juta/bulan jangan lebih. Bahkan sebisa mungkin Hutang dibuat nol rupiah. Kalau beli-beli barang bayarnya CASH. Kalau sudah begitu uangnya bisa Anda alokasikan untuk tabungan atau kebutuhan sehari-hari. Nggak enak banget kalau setiap bulan penghasilan Anda dicegat duluan sama hutang sebelum masuk kantong pribadi. Kerja hanya buat bayar hutang.. <jangan kesinggung ya... > muehehehe ^_^
3. 10% Untuk tabungan atau Investasi
Berikutnya jatah untuk masa depan Anda. alokasikan untuk tabungan. Jika cicilan hutang sedikit atau tidak ada maka alokasikan tabungan bisa Anda gunakan untuk investasi.
Keuangan Anda dikatakan sehat jika uang Tabungan Anda minimal 3-6x dari kebutuhan bulanan, Misal kebutuhan bulanan Anda 7 juta/bulan, maka minimal ada 21-42 juta di tabungan pribadi Anda.
4. 40% untuk kebutuhan Sehari-hari
Baru setelah kewajiban ditunaikan dan kebutuhan masa depan diutamakan, saatnya memenuhi kebutuhan MASA KINI. Kebutuhan sehari-hari, seperti Uang Makan, Bensin, Uang Sekolah, dll
Tugas Anda selanjutnya membuat alokasi pengeluaran. Ini dia yang sering dilupakan. Pengeluaran bulanan untuk kebutuhan sehari-hari dibiarkan keluar tanpa perencanaan, bocor lagi, deh. Yuk mulai sekarang buat rencana pengeluaran Anda di Awal Bulan.
5. 10% Untuk Senang-senang
Anda juga perlu menghargai kerja keras yang Anda lakukan. Uang ada untuk dinikmati jangan semua ditimbun di tabungan saja. Maka, ada lokasi dana untuk senang senang, Celebrate your Winning. Dana tersebut bisa Anda gunakan untuk kebutuhan tersier seperti belanja fashion up to date, jalan-jalan wisata, makan makan bareng teman dan keluarga atau beli gadget terbaru.
Habis sudah SELURUH penghasilan bulanan Anda di jalan yang benar. Kunci program ini supaya berhasil adalah DISIPLIN dan KOMITMEN, Kalau 2 hal ini tidak ada, maka program Manajemen Anti Miskin ini bakal GAGAL TOTAL. Waktu-waktu kritisnya adalah di 3 bulan awal, kalau konsisten selama 3 bulan, maka selanjutnya bakal Jadi Kebiasaan.
“Awalnya dipaksa, lalu menjalankan dengan terpaksa, lama-lama jadi biasa, coba ya! ”
Nah, setelah tau begini, saya harapkan, Anda jadi lebih paham lagi cara mengatur uang. Biar apa apa jadinya cukup, beli yang perlu perlu cukup, yang nggak perlu jangan dicukup-cukupin.

sumber: fb muh alif mubarok
Posted by MIKO On 00.42 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Blogger templates

    Blogger news

    OUR GUEST

    Blogroll

  • Slide 1 Title

    Go to Blogger edit html and replace these slide 1 description with your own words. ...

  • ADVERTISING